[Review] Produk Skincare Lokal Indonesia Fruitlab : Fruit Toner Green Apple dan Fruit Sleeping Cream Blueberry

Buah-buahan adalah sumber makanan dengan banyak vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Karena kandungan baiknya ini, banyak orang yang berinisiatif untuk mendapatkan manfaat dari buah-buahan dengan cara menjadikan buah segar sebagai masker wajah. Namun, karena buah asli memiliki pH yang tidka sesuai dengan kulit wajah, maka pada banyak kasus, banyak yang justru kulitnya jadi perih, iritasi, dan justru kulit menjadi rusak. 

Berangkat dari kasus banyaknya korban yang menggunakan "masker alami" ini, terciptalah produk-produk Fruitlab. Fruitlab adalah brand lokal Indonesia asal Bandung yang menggunakan buah-buahan sebagai kandungan utama dalam produk-produk skincarenya. Diformulasikan dengan bahan-bahan aktif terbaik, menjadikan produk-produk Fruitlab dapat memberikan hasil skincare yang terbaik bagi kulitmu. 
 
Di bulan Agustus ini, Fruitlab mengeluarkan beberapa produk yang bisa teman-teman pilih sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit yang sedang dihadapi. Produknya bervariasi, dari mulai toner, serum, dan cream. Berikut produk-produk dari Fruitlab : 

🍏 Fruit Toner Green Apple : mengembalikan pH wajah setelah mencuci muka dan membantu mengangkat sel kulit mati sehingga terhindar dari jerawat dan komedo. 

🍅Fruit Infused Serum Pomegranate : dengan ekstrak buah delima yang membantu meningkatkan produksi kolagen, melindungi kulit dari radikal bebas, dan menjaga keelastisan kulit wajah. 

🥑Fruit Infused Serum Avocado For Acne : dengan kandungan ekstrak buah alpukat dan Hydrolyzed Algin yang membantu mengurangi produksi sebum di wajah dan mengurangi peradangan jerawat, serta melembapkan kulit, meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini akibat radikal bebas. 

🍋Fruit Infused Serum Lemon : dengan kandungan ekstrak buah lemon membantu mencerahkan wajah, memudarkan bintik hitam, dan membantu mengurangi peradangan pada kulit serta melembapkan dan menghaluskan wajah. 

🥭Fruit Infused Serum Mango : dengan ekstrak buah mangga yang bermanfaat untuk membantu menyamarkan noda hitam, jerawat, dan membantu regenerasi kulit sehingga wajah terlihat lebih cerah dan halus. 

🍑Fruit Wake Up Cream Peach : dengan kandungan utama ekstrak buah peach, melembapkan kulit sekaligus melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV. 

🍇Fruit Sleeping Cream Blueberry : dengan kandungan ekstrak buah blueberry yang memiliki kandungan antioksidan tinggi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Disini saya ingin berbagi pengalaman dan memberikan review mengani produk Fruitlab yang sedang saya pakai saat ini. Kenalin Fruit Toner Green Apple dan Fruit Sleeping Cream Blueberry.


Fruit Toner Green Apple 
Karena cuaca yang panas, akhir-akhir ini, saya lagi seneng menggunakan toner dengan tekstur yang lebih watery dibandingkan toner dengan tekstur kental. Salah satu toner watery yang lagi rutin saya pakai saat ini adalah Fruit Toner Green Apple. 


Toner ini berfungsi untuk mengembalikan pH setelah mencuci wajah, membantu mengangkat sel kulit mati, menenangkan kulit dan meredakan inflamasi. Pada Fruit Toner Green Apple ini tidak hanya terdapat kandungan ekstrak apel hijau dengan Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Toner ini juga diperkaya dengan Papain untuk memantu mengangkat sel kulit mati sehingga wajah terhindar dari jerawat dan komedo, serta Hydrolyzed Hyaluronic Acid untuk menghidrasi dan menenangkan kulit. 

Fruit Green Apple Toner ini dikemas dalam botol plastik bening berukuran 100 ml. Dilengkapi dengan tutup ulir, dan lid plastik pada mulut botol untuk mencegah cairan toner tumpah. Pada botol terdapat keterangan mengenai bahan kandungan, keterangan produsen, QR code produk, dan nomor BPOM. Ada cetakan nomor batch produksi dan tanggal kadaluarsa, namun tanggalnya tidak tercantum di botol. Nomor batch produksi dan tanggal kadaluarsa, hanya tercetak di kemasan box toner saja, sehingga sebaiknya box disimpan untuk pengecekan tanggal kadaluarsa atau tanggal kadaluarsa ditulis sendiri di badan botol. 
Fruit Green Apple Toner memiliki tekstur yang cair seperti air. Cairannya berwarna bening agak kehijauan dan jika dikocok mudah muncul busa. Memiliki aroma apel yang segar saat pertama dibuka tutupnya. Aroma apelnya cukup segar dan nggak terasa nyegrak. Cara pemakaian Fruit Green Apple Toner cukup mudah dan bisa dipakai dengan menggunakan kapas ataupun langsung dengan menggunakan tangan. Toner dipakai dua kali sehari atau di saat yang diperlukan setelah mencuci muka atau sebelum menggunakan serum atau moisturizer Pengalaman saya menggunakan Fruit Green Apple Toner Pada saat menerima Fruit Green Apple Toner untuk pertama kali, saya sudha membayangkan kalau aromanya akan seperti sabun apel. Ekspektasi saya terbukti, pada awalnya agak kaget karena memang aroma apelnya tercium cukup kuat. namun lama-kelamaan saya terbiasa dengan aromanya. Bahkan aromanya membantu membuat skincare routine saya menjadi lebih rileks karena aroma toner yang segar dan nggak bikin eneg. Saya biasa menggunakan Fruit Green Apple Toner dengan memakai kapas dan kadang menggunakan tangan. Biasanya saya menggunakan di saat pagi hari, sebelum reapply sunscreen, dan pada malam hari setelah mencuci muka. Karena tekstur toner ini watery, jadi sangat mudah menetes jika dipakai menggunakan tangan. Namun jika diusap langsung di kulit, toner ini agak sedikit terasa licin. Di pagi hari, biasa saya gunakan untuk membersihkan wajah karena di pagi hari saya jarang mencuci muka dengan sabun. Cukup mencuci muka dengan air biasa lalu swipe dengan Fruit Green Apple Toner. Hasilnya, Fruit Green Apple Toner dapat mengangkat kotoran dan residu skincare semalam dengan baik. Setelah itu, biasanya saya teteskan ke tangan dan saya tepuk-tepuk ke kulit muka untuk toner di pagi hari sebelum menggunakan serum. Kulit terasa bersih, segar, dan terasa cukup lembap. Hidrasi toner ini menurut saya sangat ringan, cukup untuk menghidrasi kulit di pagi hari. Kelembapan yang diberikan pas dan tidak membuat kulit menjadi lengket. Kulit pun siap menerima produk selanjutnya. Pada pagi hari, saya membutuhkan 2-3 layer Fruit Green Apple Toner. Pada malam hari, Fruit Green Apple Toner lebih sering saya gunakan bersama dengan kapas untuk memastikan kotoran dan residu pada saat double cleansing terangkat dengan sempurna. Untuk kulit kombinasi saya, hidrasi toner saja kurang untuk dipakai pada malam hari, sehingga saya menambahkan essence dan hydrating toner untuk mencukupi kebutuhan hidrasi kulit semalaman.
Fruit Sleeping Cream Blueberry Jujur, saya adalah seorang bucin sunscreen dan moisturizer. Produk opened dan stok yang paling banyak jenisnya di lemari saya adalah stok sunscreen dan pelembap. Begitu pula jika ditawari untuk mencoba produk baru, saya pasti semangat banget untuk nyobain sunscreen dan moisturizer! Produk Fruitlab yang saya pakai berikutnya tentunya adalah produk moisturizer, yaitu Fruit Sleeping Cream Blueberry. Lho, ini kan sleeping mask bukan moisturizer? Hehe..untuk saya, sleeping mask masih termasuk dalam jenis moisturizer, jenis produk yang tugasnya memberikan dan menjaga kelembapan kulit. Hanya saja, biasanya sleeping mask mengandung bahan aktif yang lebih banyak dari moisturizer biasa serta bersifat lebih oklusif sehingga kadang ada beberapa sleeping mask yang tidak disarankan untuk dipakai setiap hari.
Fruit Sleeping Cream Blueberry adalah pelembap yang berfungsi untuk merawat kulit dan meremajakannya sepanjang malam. Fruit Sleeping Cream Blueberry mengandung ekstrak buah Blueberry yang kaya akan antioksidan yang tinggi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Diperkaya dengan Vitamin C, Dulcis (orange) peel extract, dan Citrus aurantium yang berfungsi untuk menenangkan peradangan kulit akibat jerawat.
Fruit Sleeping Cream Blueberry dikemas dalam jar kaca tebal berukuran 15 gr dan dilengkapi tutup ulir. Di dalamnya dilengkapi second lid plastik yang menjaga supaya krim tidak bocor. Selain itu, Fruit Sleeping Cream Blueberry ini juga disertai dengan spatula untuk mengambil krim dengan lebih mudah dan higienis.
Fruit Sleeping Cream Blueberry memiliki tekstur gel cream ringan yang terlihat encer karena di awal pertama kita membuka creamnya, akan terlihat cairan minyak yang agak memisah dari gel-nya. Sebelum dipakai, sebaiknya Fruit Sleeping Cream Blueberry diaduk terlebih dahulu sehingga gel cream dan cairan minyaknya tercampur dengan merata. Gel creamnya berwarna pink muda dan cairan minyaknya berwarna bening. Aromanya yang tercium dari cream ini adalah aroma fruity yang cukup samar, saya menduga ini adalah aroma blueberry karena saya belum pernah mencium aroma blueberry secara langsung. Cara pemakaian Fruit Sleeping Cream Blueberry ini cukup mudah, ambil secukupnya dengan menggunakan spatula, kemudian oleskan cream ke suluruh wajah pada akhir skincare routine di malam hari. Cream dapat dipakai setiap hari ataupun selang-seling dengan pelembap yang lain. Pengalaman saya menggunakan Fruit Sleeping Cream Blueberry Pada awal menggunakan, karena tekstur gel creamnya yang terlihat ringan, saya menggunakan Fruit Sleeping Cream Blueberry dengan cukup banyak. Walhasil, kulit saya kaget karena ternyata Fruit Sleeping Cream Blueberry ini sangat emollient dan oklusif. Kelembapan yang diberikan nggak main-main. Keesokan harinya, wajah saya tampak sangat berminyak karena menggunakan Fruit Sleeping Cream Blueberry dengan jumlah yang cukup banyak dan tebal. Namun hal ini tidak memicu jerawat, iritasi, atau menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga saya tetap melanjutkan pemakaian di malam berikutnya dengan takaran yang lebih sedikit dibanding sebelumnya. Pada pemakaian selanjutnya, saya dibuat ketagihan untuk selalu menggunakan Fruit Sleeping Cream Blueberry ini! Pada saat dioleskan ke kulit, langsung terasa lembut gel creamnya, finishnya agak berminyak, dan membutuhkan waktu untuk diserap ke kulit. Namun, setelah cream menyerap, nggak terasa lengket ataupun berminyak. Kulit benar-benar terasa lembap, supple, dan kenyal! Kondisi ini bertahan semalaman sampai esok harinya! Sampai saya mencuci muka di pagi hari (dengan tidak menggunakan sabun, hanya air saja) dan mengeringkan wajah, kulit masih terasa lembap dan menul-menul! Beneran tahan lama banget lembapnya! Nggak butuh cream yang banyak pada saat menggunakan cream ini, terutama jika sedang tidak menggunakan serum dengan bahan aktif. Cukup secolek spatula, sudah dapat melembapkan wajah dan leher secara merata semalaman. Jika sebelumnya menggunakan serum retinol atau serum exfo, biasanya takaran creamnya saya tambahkan sedikit supaya kulit mendapatkan kelembapan lebih sepanjang malam. Jujur, saya jatuh cinta banget sih sama performa Fruit Sleeping Cream Blueberry ini. Rasanya kulit jadi terlihat lebih sehat, jerawat jadi lebih cepat proses penyembuhannya, dan kulit jadi terasa empuk sehingga rasanya pengen dipegang-pegang terus. I need a bigger size!
Hasil kombinasi penggunaan dua produk Fruit Toner Green Apple dan Fruit Sleeping Cream Blueberry membuat kulit wajah saya terlihat lebih bersih, lebih sehat, dan bebas dari masalah jerawat yang biasa datang bulanan. Sampai saat ini, saya lebih sering menggunakan Fruit Toner Green Apple sebagai cleansing toner di pagi hari dan sebelum reapply sunscreen di siang hari karena toner ini mampu membersihkan wajah dengan lembut dan mampu mengangkat kotoran dengan baik tanpa membuat wajah terasa kering kesat. Fruit Sleeping Cream Blueberry juga bekerja sesuai dengan klaimnya dan hasilnya terasa bahkan dari pemakaian pertama. Kulit terasa lebih sehat, lembut, lembap dan supple! Bener-bener recommended buat temen-temen yang masih kesulitan untuk mencari sleeping mask yang benar-benar bekerja semalaman dan memberikan hasil dari awal pemakaian. Terlihat di foto sebelum dan sesudah pemakaian produk Fruitlab, jerawat yang semula ada jadi lebih tersamar bekasnya. Kemudian, bekas jerawat di pipi kanan, nampak terlihat lebih memudar. Keseluruhan kulit wajah juga jadi tampak lebih lembut, kenyal, dan halus. Hasil ini juga didapat karena pemakaian produk-produk skincare pendukung lainnya dan juga jadwal eksfoliasi yang rutin.
Produk-produk Fruitlab ini bisa teman-teman dapatkan di www.fruitlab.id atau shopee fruitlab. Teman-teman bisa mendapatkan toner, serum dan cream sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan kulit. Range harganya berkisar dari Rp 185.000 - Rp 250.000. Menurut saya dengan kualitas dan performa produk yang diberikan, harga tersebut cukup sepadan. Untuk kedua produk yang saya review diatas, harganya adalah : - Fruit Toner Green Apple : Rp 200.000 - Fruit Sleeping Cream Blueberry : Rp 185.000 Saat ini, Fruitlab sedang berada dalam masa promosi sehingga teman-teman bisa mendapatkan diskon untuk semua produk-produknya. Untuk keterangan lebih lengkap, bisa langsung cek websitenya atau shopee yaa!

Comments

  1. Wahh menarik ini, unik banget konsepnya, yang si blueberry keliatannya juga melembapkan banget

    ReplyDelete
  2. duh ini brand lagi wara wiri terus bikin penasaran banget! paling penasaran sama tonernya

    ReplyDelete
  3. enakkk yaa tonernyaa mbakk, di aku bantu lunakkin komedooo

    ReplyDelete
  4. Si Fruit Lab tuh almost aku kira si siapa ya mbak yang skincare konsep nya buah dan jar nya kayak jar madu, hahaha. Frudia ya? Hahaha. Aku kira dia ganti nama :') kwkw.

    Dan ini lagi banyak lewat di TL ku terus aku liat, banyak juga jenis produk yang dia produksi buat ukuran new brand(?). Jadi penasaran toner, serum, sama sleepmask hm si cream peach nya ughaaaa..

    ReplyDelete
  5. Mbaak enak poool ya toner dan bluebery creamnya.
    Asli dua dua nya ounya tekstur yang unik. Bener kata mbak wiji yang blueberry cream nya kayak terpisah teksturnya tapi begitu nyentuh kulit beuuuh mantep finishnya

    ReplyDelete
  6. aku juga lagi pakai avocado serumnya nih kak, soothingnya oke banget 😍 btw tonernya lebih cocok buat cleansing toner kali ya kak karena hydratingnya kurang?

    ReplyDelete
  7. Mbak, lihat yang green apple seger banget! Jadi pengen minum ehh, can't wait to try mine.

    ReplyDelete
  8. tekstur sleeping creamnya gemes bangeett. kalo pakai scrambled oil dulu sebelum pakai creamnya, bakal seberminyak itu ga ya mba paginya?

    ReplyDelete
  9. Blueberry sleeping creamnya menggoda sekaliii, seger banget!

    ReplyDelete
  10. Suka banget sama konsepnya fruitlab, buah-buahan gituuu hihi 😆😆😆❤️ aku cobain yang lemon sama mango mba

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Review] Bright Diary Bright Serum

[Product Review] The Yeon Vita Fresh Gel Sun Screen SPF 50+ PA+++

[Review Produk] Datglowskin Serum Brightening